bharada

Burung Kenari – Taksonomi, Ciri, Karakteristik, Habitat, Jenis & Makanan

Burung Kenari – Taksonomi, Ciri, Karakteristik, Habitat, Jenis & Makanan
Burung Kenari – Taksonomi, Ciri, Karakteristik, Habitat, Jenis & Makanan

Burung kenari dengan nama latin Serius canaria merupakan burung yang memiliki postur mungil. Meskipun posturnya kecil, suara kicaunya begitu nyaring.





Satwa ini pertama kali didapatkan oleh Jean de Berthan Cout, seorang pelaut asal Perancis ini. Meski bernama kenari, tetapi burung ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan pohon kenari. Penamaan “kenari” merujuk pada nama pulau yang menjadi habitat aslinya, yakni Kepulauan Canary.






Taksonomi





Kenari yaitu salah satu burung yang disenangi di dunia kontestasi. Alasannya ialah alasannya kicaunya yang sungguh nyaring dan tingkat adaptasinya tinggi sehingga mudah dipelihara.





kenari




Burung yang suaranya sangat variatif ini mempunyai pembagian terstruktur mengenai ilmiah sebagai berikut:





KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliFringillidae
GenusSerinus
SpesiesS.canaria
Nama BinomialSerinus canaria




Ciri & Karakteristik Kenari





Burung kenari biasa disebut selaku burung penyanyi. Ciri khas utama mampu dilihat dari posturnya serta kombinasi warna bulunya yang unik. Kenari kaya akan jenis bunyi kicauan. Nada yang dikeluarkannya juga terdengar seperti irama.





burung kenari kuning




Adapun aksara dasar dari satwa kelas Aves ini antara lain:





  • Praktis berdaptasi atau memiliki tingkat adaptasi diri kepada lingkungan yang begitu mengesankan.
  • Penyanyi dan petarung. Apabila dipertemukan dengan sesamanya, maka semangat tempur untuk berkicau semakin berkobar.
  • Birahi mudah naik. Jika dibandingkan dengan jenis burung yang lain, kenari lebih gampang naik secara birahi. Biasanya hal ini juga disokong dengan pakan yang kurang sempurna, penjemuran berlebih, atau menyaksikan spesies betina.
  • Mudah jinak. Kemampuan adaptasi kenari terbilang tinggi, sehingga burung ini mudah jinak terhadap manusia.
  • Tidak gampang tertekan. Sebagai burung yang sering dijagokan dalam perlombaan, kenari mempunyai ketahanan yang bagus terhadap frustasi. Bahkan sudah ratusan tahun satwa satu ini berinteraksi dengan manusia.




Jenis Burung Kenari





Burung kenari yang kita kenal selama ini bekerjsama terbagi ke dalam sejumlah kelompok. Pembagian golongan tersebut berdasarkan kelebihan yang dimiliki serta postur tubuhnya.





Berdasarkan variabel tersebut, pembagian terstruktur mengenai kenari berdasarkan jenisnya yaitu sebagai berikut:





1. Kenari Norwich





Ciri utama kenari Norwich yaitu bulunya yang agak tebal. Selain itu, tubuhnya sedikit bundar dengan dada lebar. Akan tetapi di bagian punggung dan sayapnya lebih pendek. Warna bulu yang paling lazim ialah hijau dan kuning.





2. Kenari Border





Kenari border berasal dari Cumberland Facy. Bentuk tubuhnya bulat sehingga sangat gampang dikenali. Warna bulu yang dimilikinya terbilang paling cerah dari jenis kenari lainnya.





3. Kenari Yorkshire





Kenari Yorkshire ialah hasil persilangan antara jenis kenari belgia dengan lanchasire. Bentuk kakinya panjang serta tegap ketika bangkit. Apabila diikutsertakan dalam kontes, umumnya variabel penilaiannya konsentrasi pada sisi keindahan posturnya.





4. Kenari Roller





Jenis kenari ini ialah keturunan kenari Jerman. Ciri-cirinya apabila diikutsertakan dalam kontes kicau akan ditaruh pada kandang kayu tertutup kain. Jika kain dibuka, burung mungil ini akan terus berkicau. Kualitas kicaunya sangat dipengaruhi oleh jenis pakan yang didapatnya.





5. Kenari Gloster





Ciri khas kenari gloster dapat dilihat dari bulunya yang berwarna kuning. Sedangkan sayapnya mempunyai warna agak kehijauan. Panjang tubuhnya tidak lebih dari 11 cm. Terdapat dua varian untuk jenis ini, ialah kenari berjambul serta tanpa jambul.





6. Kenari Belgian





Jenis kenari belgian tergolong yang paling susah diternak. Dengan ciri khas kepala yang kecil, penilaian yang diberikan bila mengikuti kontes burung dilihat dari bentuk badannya. Selain itu, evaluasi juga dilaksanakan pada kedudukan kenari ini.





7. Kenari Frill





Kenari Frill cukup terkenal karena bulunya yang unik. Di tengah punggungnya terdapat bulu yang bentuknya sungguh simetris mirip mantel, sedangkan di bagian dada berbentuk mirip kerutan. Bulu pada dada kenari ini disebut selaku jabot, sedangkan bulu di sekitar paha dan sayap dinamai fin.





8. Kenari Cinnamon





Bentuk badan kenari cinnamon sangatlah khas, yakni berukuran serba lingkaran dengan dada bidang, sayap, paruh, ekor, serta punggungnya yang pendek. Panjang badan kenari jenis ini berkisar 15-16 cm.





9. Kenari Chest





Burung Kenari Chest pertama kali ditemukan pada tahun 1950-an. Salah satu jenis kenari tertua ini juga memiliki nama lain King of The Fancy. Ada dua tipe untuk jenis burung ini, ialah yang kepalanya berjambul dan tidak berjambul.





Postur dan ciri khasnya yang unik menjadikannya kerap diikutsertakan dalam kontes burung kenari. Tetapi yang menjadi penilaian khusus yaitu bentuk jambulnya.





10. Kenari London Fancy





Kenari London Fancy memiliki keunikan pada bab kepala dan ekornya. Bagian tersebut membentuk setengah bundar dengan ukuran agak kecil. Lehernya termasuk yang paling ramping dari jenis lannya. Selain itu, sayapnya agak panjang dengan kaki yang lebih jenjang.





11. Kenari Lancashire





Diantara jenis kenari yang lain, Lancashire mempunyai ukuran tubuh paling besar. Burung yang sudah mulai jarang didapatkan spesies aslinya ini juga terdiri atas sub jenis, yakni kenari coppy dengan jambul khasnya, serta lancashire yang memiliki kepala polos.





12. Kenari Red Intensive





Ciri khas jenis Red Intensive dari warna bulunya yang nyaris semuanya merah. Jenis kenari ini berasal dari kawasan Samudra Atlantik. Panjang badannya mencapai 14 cm. Warna merah yang ada pada bulunya menjadi ciri khasnya yang paling besar lengan berkuasa.





13. Kenari Fife Fancy





Jenis kenari ini memiliki postur badan yang lebih kecil dibandingkan dengan London Fancy. Bulu pada bagian sayap serta ekornya berwarna putih dengan panjang badan tidak lebih dari 11 cm. Jenis Fife Fancy termasuk kenari yang mudah dibudidayakan.





Habitat dan Makanan





Burung kenari ialah jenis satwa arboreal yang menghabiskan waktunya di atas pohon. Satwa dengan kemampuan kicau yang nyaring ini menyukai biji-bijian selaku pakan khususnya.





ternak kenari




Berikut ialah jenis makanan yang tepat untuk kenari, diantaranya adalah:





  • Campuran biji-bijian atau Canary Seed, ialah biji-bijian khusus kenari yang banyak dijual di pasaran.
  • Sayuran dan buah-buahan. Burung dengan bulu warna-warni gemar mengonsumsi sayur serta buah-buahan segar, seperti gambas, mentimun, paprika, wortel, sampai jagung muda.
  • Telur dan kroto. Pada kondisi tertentu serta untuk menunjang kemajuan, kenari memerlukan protein komplemen yang mampu diperoleh dari telur dan kroto.
  • Roti kering selaku variasi pakan lainnya.
  • Asinan. Diperlukan untuk mencukupi keperluan kalsium. Biasanya pemilik kenari menawarkan tulang sotong.

Advertisement

Iklan Sidebar